Persiapan Perlengkapan Umroh Pria dan Wanita

Persiapan Perlengkapan Umroh Pria dan Wanita

Sebelum Umroh, Sebaiknya Anda Tahu Perlengkapan Umroh Pria dan Wanita yang diperlukan

Seiring tingginya peminat ibadah umroh di Indonesia selain memang karena umroh merupakan salah satu ibadah yag bisa dilakukan / tidak terikat waktu, juga dapat menjadi ladang bisnis yang menjanjikan bagi toko penyedia perlengkapan umroh.

Iya, benar sekai kalau ada ketentuan mengenai perlengkapan umroh yang wajib diperhatikan oleh calon jamaah umroh, mulai dari pakaian umroh hingga perlengkapan umroh lainnya. Semua perlengkapan umroh ini juga tidak boleh sembarangan karena memang ada beberapa perlengkapan umroh yang memiliki ketentuan tertentu sesuai ajaran Rasulullah.

Inilah Diantara Perlengkapan Umroh bagi Wanita

bicara mengenai kebutuhan akan perlengkapan umroh bagi kaum wanita dan pria memang jelas memiliki perbedaan. Karena itu, Anda perlu mengetahui dan dapat mempersiapkan segala kebutuhan akan perlengkapan tersebut sedari jauh-jauh hari. Berikut adalah daftar perlengkapan umroh yang wajib kita ketahui sebelum melakukan pemberangkatan ke tanah suci.

1. Baju Ihrom

Baju ihrom merupakan perlengkapan yang sangat vital dan tidak boleh disepelekan. Ada ketentuan menurut Rasulullah yang mewajibkan jamaah umroh wanita memakai pakaian khusus umroh. Ketentuan mengenai baju ihrom bagi wanita adalah pakaian yang harus menutup seluruh tubuh wanita kecuali wajah dan telapak tangan.

Baju ihrom sejenis ini memang sama seperti pakaian ketiika kita sholat. Oleh karena itu, tak jarang kita melihat jamaah umroh wanita yang memakai baju ihrom serupa dengan mukena yang biasa digunakan untuk sholat. Sebelum berangkat umroh, paling tidak kita harus menyiapkan dua set baju ihrom untuk berganti ketika telah berada di tanah suci.

2. Baju Atasan

Baju atasan ini berarti baju non ihrom atau baju atasan biasa. Namun, meskipun tidak memiliki ketentuan khusus seperti baju ihrom, baju atasan non ihrom ini harus sesuai dengan syariat dan kaidah Islam. Baju atasan ini harus panjang dan tidak ketat. Kita bisa menyiapkan baju atasan non ihrom ini kurang lebih sebanyak tiga buah.

3. Celana, Rok, atau Bawahan

Sama seperti ketentuan baju atasan, untuk segala macam jenis bawahan ini tidak ada ketentuan khusus yang dijelaskan menurut ajaran Rasulullah. Namun, celana, rok, maupun jenis bawahan lain yang kita bawa tidak ketat dan tidak tembus pandang. Kita bisa menyiapkan bawahan ini kurang lebih sebanyak tiga buah dengan pilihan warna gelap agar tidak mudah kotor.

4. Jaket

Jaket ini dibawa untuk mengantisipasi cuaca yang dingi ketika pelaksanaan umroh di tanah suci. Tidak ada ketentuan khusus mengenai jaket ini, asalkan kita merasa nyaman dan jaket bisa menghangatkan badan. Tidak perlu jumlah yang banyak untuk perlengkaapan umroh yang satu ini. Cukup satu buah jaket saja untuk dibawa pergi ke tanah suci.

5. Kerudung Panjang

Kita bisa membawa kerudung sebanyak 2 buah yang digunakan untuk berganti ketika pelaksanaan umroh nanti. Alangkah baiknya jika kerudung yang kita bawa sesuai dengan syariah Islam, yaitu panjang, menutup dada, dan tidak tembus pandang.

6. Alas kaki

Perlengkapan umroh yang satu ini juga tidak boleh disepelekan. Kita bisa membawa sepatu kets tanpa tali, sandal gunung, dan sandal jepit yang jumlahnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Alat Sholat

Alat sholat merupakan perlengakapan umroh yang juga sangat vital karena untuk melaksanakan ibadah Sholat adalah wajib hukumnya. Kita bisa membawa sebuah sajadah tipis dan sebuah mukena untuk dibawa ke tanah suci.

 

Inilah Perlengkapan Umroh bagi Laki-Laki

1. Kain Ihrom

Sama seperti keterangan di atas, ketentuan pakaian ihrom untuk kaum laki-laki juga telah dijelaskan oleh Rasulullah. Ketentuan mengenai baju ihrom bagi kaum laki-laki adalah dilarangnya mereka memakai pakaian yang berjahit. Oleh karena itu, kaum laki-laki hanya boleh memakai kain.

Satu set kain ihrom harus terdiri dari dua helai. Salah satu bagian kain ini digunakan sebagai atasan. Sedangkan yang sebagian lagi digunakan sebagai bawahan. Sebelum berangkat umroh, paling tidak kita harus menyiapkan dua set baju ihrom untuk berganti ketika telah berada di tanah suci.

2. Ikat Pinggang Ihrom

Dikarenakan kaum laki-laki hanya boleh memakai kain yang tak berjahit, maka ikat pinggag ini sangat penting untuk dibawa ketika melaksanakan umroh. Penggunaan ikat pinggang ini berguna untuk menjaga kain bawahan ihrom agar tidak melorot saat digunakan untuk melaksanakan ibadah umroh ketika sudah berada di tanah suci.

3. Sandal

Sandal merupakan salah satu perlengkapan umroh yang tidak boleh sembarangan pemakaiannya. Untuk ibadah umroh maupun haji, sandal yang dipakai jamaah umroh untuk kaum laki-laki tidak boleh mnutupi mata kaki.

4. Gunting Rambut

Perlengkapan umroh ini dibawa untuk menyempurnakan ibadah umroh kita. Gunting rambut yang kita bawa digunakan untuk tahallul sebagai pelengkap salah satu rukun umroh. Kita tidak perlu membawa gunting yang besar, tetapi cukup dengan gunting yang kecil saja asalkan tajam.

5. Gunting Kuku dan Minyak Wangi

Perlengkapan umroh ini digunakan sebagai pelengkap salah satu sunnah umroh, yakni memotong kuku sebelum ihrom. Selain memotong kuku, jamaah umroh juga disunnahkan untuk memakai minyak wangi sebelum memakai kain ihrom. Jika jamaah memakai minyak wangi setelah memakai kain ihrom, maka hal ini dilarang.

6. Alat Sholat

Perlengkapan umroh yang satu ini merupakan perlengkapan yang sangat vital. Kaum laki-laki bisa membawa sarung dan sajadah untuk melaksanakan sholat sehari-hari di tanah suci. Kita hanya perlu membawa dua buah sarung yang bisa digunakan untuk bergantian. Selain itu, sajadah yang perlu dibawa hanya satu buah saja.

7. Al Quran dan Buku Doa

Perlengkapan umroh yang satu ini juga sangat penting untuk dibawa. Kedua perlengkapan ini akan sangat membantu kita yang masih merasa kesulitan dalam pelaksanaan ibadah umroh di Tanah Suci.

Kita memang tidak boleh melewatkan macam-macam perlengkapan umroh sekecil apapun. Semua perlengkapan tersebut memang penting untuk dibawa ketika hendak melaksanakan ibadah umroh. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui perlengkapan umroh bagi kaum wanita dan kaum laki-laki.